Kompetensi Pedagogik: Pengertian, Contoh, dan Tujuan

1. Pengertian Kompetensi Pedagogik
  Seorang Guru bukan hanya sekadar terampil dalam menyampaikan bahan ajar, namun disamping itu ia juga harus mampu mengembangkan pribadi anak, mengembangkan watak anak, dan mengembangkan serta mempertajam hati nurani anak. Seoarang Guru juga harus  menanaman pendidikan karakter pada  anak didiknya.

  Kompetensi Pedagogik adalah bagian yang tidak dapat  terpisahkan dari empat kompetensi utama yang harus dimiliki seorang guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Kompetensi Pedagogik dapat diartikan sebagai  kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran peserta didik. kompetensi pedagogik sangat dibutuhkan guru untuk mengelola proses pembelajaran.

 Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

  Kompetensi pedagogi adalah merupakan salah satu jenis yang mutlak yang harus dimiliki oleh setiap guru, gunanya untuk memahami bagaimana karakteristik peserta didik dan melakukan evaluasi dalam pembelajaran, pada dasarnya, kompetensi pedagogi itu adalah kompetensi yang memiliki ke khasan tersendiri dalam mendidik para peserta didik.

2. Contoh Kompetensi Pedagogik
Contoh kompetensi pedagogik antara lain:

1. Guru menggunakan berbagai metode dan model dalam pembelajaran, seperti diskusi, ceramah, jigsaw, berpasangan. Hal tersebut sebagai upaya untuk menghidupkan pembelajaran dan siswa aktif berpartisipasi.

2. Guru memberikan ruang bagi siswa untuk mengeluarkan pendapat dihadapan kelas. Hal tersebut untuk melatih keberanian siswa dan megakomodir keaktifan siswa. Siswa perlu memiliki keberanian dalam mengungkapkan pendapat, agar ketika berada di masyarakat dia dapat ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan

3. Guru menggunakan berbagai media dakam pembelajaran seperti alat peraga, puzzel, video, dan lain-lain. hal tersebut sebagai upaya untuk memaksimalkan materi yang diajarkan. Dan perbedaan karateristik siswa juga menjadi fator agar guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran.

3. Tujuan Kompetensi Pedagogik

  Setiap ilmu tentu memiliki tujuan tak terkecuali tentang kompetensi pedagogik. Berikut adalah tujuan dari kompetensi pedagogik

-Memanusiakan Manusia
Memanusiakan manusia artinya adalah menjadikan seseorang dewasa demi kebahagiaan dalam menjalani kehidupan. Dalam hal ini mengindikasikan bahwa kompetensi pedagogik bertujuan untuk membantu perkembangan seseorang agar dia siap menjalani hidupnya secara mandiri dan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

-Memahami Jatidiri
Agar anak di kemudian hari mampu memahami dan menjalani kehidupan dan kelak dapat menghidupi diri mereka sendiri, dapat hidup secara bermakna, dan dapat turut memuliakan kehidupan. Tidak jauh berbeda dari tujuan yang pertama yaitu mempersiapkan diri anak untuk menghadapi kehidupanya.

-Melatih Keberanian
Membantu murid mempertanyakan dan menantang dominasi serta keyakinan dan praktek-praktek yang mendominasi. Kompetensi pedagogik memiliki tujuan untuk melatih anak memiliki keberanian. Keberanian untuk bertanya dan mencari tahu jawaban dari pertanyaanya.
-Mengembangkan Kepribadian Siswa yang Sehat
Dalam hal ini artinya bahwa kompetensi pedagogik memiliki tujuan untuk mengembangkan kepribadian anak. Kepribadian yang dimaksud adalah kepribadian yang baik yang membantunya siap menghadapi kehidupan.


Kompetensi Pedagogik: Pengertian, Contoh, dan Tujuan Kompetensi Pedagogik: Pengertian, Contoh, dan Tujuan Reviewed by Leo Cr on 20.44 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.