Macam-macam strategi pembelajaran

    Haloooo teman-teman yang berbahagia di seluruh dunia, di waktu yang baik ini saya akan mencoba untuk membahas tentang macam-macam strategi pembelajaran. 

    Sebelum membahas tentang macam-macam strategi pembelajaran, terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian strategi pembeljaran. Strategi pembelajaran  merupakan cara-cara yg dipilih dan digunakan oleh pengajar untuk mempermudah peserta didik memahami materi pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran.


Strategi pembelajaran mempunyai berbagi macam bentuk antara lain:

1. Strategi Pembelajaran Inkuiri

Strategi pembelajaran inkuiri adalah serangkaian kegiatan pembelajaran dengan cara mengutamakan proses berpikir secara analitis dan kritis. Maksudnya, berpikir analitis dan kritis dalam mencari serta menemukan sendiri jawaban dari masalah yang di tanyakan.

2. Strategi Pembelajaran Kooperatif

Strategi pembelajaran kooperatif adalah serangkaian kegiatan belajar yang dilakukan para siswa dan kelompok tertentu, agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan. Strategi pembelajaran kooperatif ini menggunakan sistem pengelompokan ataupun tim kecil

3. Strategi Pembelajaran Ekspositori

Strategi pembelajaran ekspositori adalah suatu strategi pembelajaran dengan cara mengutamakan pada proses penyampaian ilmu atau materi yang dilakukan secara verbal oleh guru kepada para siswa, agar siswa dapat menguasai metari secara optimal.

4. Strategi Pembelajaran Kontekstual

Strategi pembelajaran kontekstual adalah konsep pembelajaran yang dapat membantu para pengajar atau guru antara situasi dunia nyata para siswa dengan materi pembelajaran yang sedang disampaikan.

5. Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir

Strategi pembelajaran ini dilakukan dengan mengutamakan pada kemampuan berpikir yang dimiliki setiap siswa. Semua materi yang diberikan tidak di jelaskan begitu saja, tetapi para siswa akan dibimbing untuk dapat menemukan konsep yang seharusnya dikuasai dengan proses dialogis secara terus-menerus dan memanfaatkan pengalaman yang dimiliki para siswa.

6. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah

Strategi pembelajaran berbasis masalah adalah strategi pembelajaran yang berisi rangkaian aktivitas pembelajaran yang telah mengutamakan pada proses penyelesaian masalah yang telah dihadapi secara ilmiah.

7. Strategi Pembelajaran Afektif

Strategi pembelajaran afektif adalah jenis strategi pembelajaran  yang berhubungan pada value atau nilai yang tidak mudah diukur. Sebab dikarenakan menyangkut pada kesadaran diri seseorang yang telah tumbuh pada diri siswa.
Macam-macam strategi pembelajaran Macam-macam strategi pembelajaran Reviewed by Leo Cr on 22.10 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.