Sepak Bola : Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan Permainan

Pengertian Sepak Bola
 Di zaman modern seperti saat ini permainan sepak bola masih menjadi olahraga yang paling populer di dunia. Di indonesia sendiri sepak  bola bukan permainan asing lagi bagi masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dapat melakukan permainan dengan bola ini. Namun tahukah anda asal mula dari sepak bola, untuk itu mari kita simak penjelasan dibawah ini.
   
     Permainan sepak bola adalah permainan dalam bentuk regu, setiap regu berisi 11 orang dengan 1 orang sebagai penjaga gawang dan memiliki beberapa pemain cadangan.

   Permainan sepak bola ini mempunyai tujuan untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan berusaha menjaga gawang sendiri agar tidak terjadi gol. Permainan sepak bola ini dilakukan dalam 2 babak, masing-masing dengan waktu 45 menit dengan waktu istirahat diantara 2 babak tersebut 10 menit.

    Jika dalam waktu 2 babak kedua tim dengan skor yang sama atau seri maka akan diadakan penambahan waktu 2 x 15 menit. Apabila penambahan waktu masih dengan skor yang sama atau seri akan dilakukan tendangan pinalti. Dalam melakukan tendangan pinalti, tim akan diberikan kesempatan sebanyak lima kali untuk melakukan tendangan kedalam gawang.
 Jadi secara singkat pengertian sepak bola adalah permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola kesana kemari yang dilakukan oleh pemain dengan sasaran gawang dan bertujuan memasukkan bola kedalam gawang.

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli
    Sepak bola juga di definisikan oleh beberapa pendapat para ahli. Agar lebih memahami apa definisi sepak bola, maka di bawah akan dijelaskan beberapa pendapat sebagai berikut :
1. Agus Salim
Menurut Agus Salim, pengertian sepak bola adalah cabang olahraga yang memainkan bola menggunakan kaki dengan tujuan untuk memasukkan bola tersebut sebanyak mungkin ke gawang lawan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik itu oleh asosiasi sepak bola atau pihak lain yang berwenang.
2. Soekatamsi
Menurut Soekatamsi (1994:3), pengertian sepak bola adalah suatu permainan beregu yang diperlombakan dimana masing-masing regu terdiri dari 11 pemain termasuk penjaga gawang.
3. Muhajir
Menurut Muhajir (2007:22), pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, dimana tujuannya adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan agar gawang agar tidak kemasukan bola.
4. Luxbacher

Menurut Luxbacher (2008:2), pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dipertandingkan antara dua tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 11 orang dan dilakukan dengan cara mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

Tujuan Permainan Sepak Bola
    Tujuan permainan sepak bola adalah untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan sebanyak mungkin sehingga memenangkan pertandingan. 
      Berikut ini adalah beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam permainan sepak bola;
1.   Menciptakan gol ke gawang lawan.
2. Menghalau atau mencegah bola agar tidak masuk ke gawang sendiri.
3. Membangun kerjasama tim agar permainan lebih solid.
4. Membangun dan menjaga sportifitas antar pemain sepak bola dan menciptakan permainan yang adil.
5.  Meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh.

6. Meraih prestasi dalam dunia olah raga, khususnya sepak bola.


Sejarah Permainan Sepak Bola

   Menurut sejarah, olah raga permainan sepak bola telah dikenal di Tiongkok sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi, yaitu pada masa pemerintahan Dinasti Han. Pada masa itu masyarakat Tiongkok menggunakan bola kulit dan menyepaknya ke dalam jaring kecil.
    Selain di Tiongkok, permainan sepak bola juga sudah dikenal di berbagai negara lainnya, seperti Jepang, Yunani, dan Roma. Masyarakat Jepang, Roma, dan Yunani di masa itu melakukan permainan ini untuk bersenang-senang.
   Sepak bola modern dimulai di Inggris dengan memberlakukan peraturan-peraturan dasar sehingga permainan ini semakin populer. Meskipun olah raga ini sempat dilarang karena dianggap mengandung kekerasan, sepak bola ternyata semakin dikenal masyarakat dunia.
    Hingga akhirnya pada tahun 1904, terbentuklah FIFA (Fédération Internationale de Football Association). FIFA adalah badan pengendali internasional sepak bola yang didirikan pada 21 Mei 1904 di Paris, Perancis. Sepak bola kemudian menjadi suatu olah raga yang dipertandingkan antar negara untuk memperebutkan Piala Dunia. Adapun pertandingan Piala Dunia pertamakali diselenggarakan pada tahun 1930 di Uruguay yang dimenangkan oleh Uruguay.


Teknik Dasar Permainan Sepak Bola
    Dalam melakukan olah raga ini, setiap pemain harus mengerti dan bisa melakukan beberapa teknik dasar sepak bola. Mengacu pada pengertian sepak bola di atas, berikut ini adalah beberapa teknik dasarnya:

1. Teknik Menendang Bola
    Teknik menendang bola merupakan faktor yang paling dominan dalam permainan sepak bola. Adapun beberapa teknik menendang bola adalah sebagai berikut;
A. Menendang bola dengan kaki bagian dalam.
B. Menendang bola dengan kaki bagian punggung.
C. Menendang bola dengan kaki bagian luar.

2. Teknik Menghentikan Bola
  Teknik menghentikan bola bertujuan untuk menahan atau menghentikan laju bola. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghentikan bola;
A.  Menghentikanbola dengan kaki bagian luar
B.  Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam
C. Menghentikan bola dengan kaki bagian punggung
D.  Menghentikan bola dengan kaki bagian telapak
E.  Menghentikan bola dengan kaki bagian paha
F.  Menghentikan bola dengan dada atau perut
G. Menghentikan bola dengan kepala

3. Teknik Menggiring Bola
    Menggiring bola adalah upaya mendorong atau membawa bola ke arah tertentu sambil berlari sehingga bola bergulir di tanah dan tetap dikuasai oleh pemain. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menggiring bola adalah;
A. Menggiring bola dengan kaki bagian dalam
B. Menggiring bola dengan kaki bagian luar
C. Menggiring bola dengan punggung kaki
D. Menggiring bola dengan kedua kaki secara bergantian

4. Teknik Menyundul Bola
 Teknik menyundul bola adalah gerakan mendorong bola dengan memakai kepala yang dilakukan ketika bola sedang melayang di udara. Tujuannya adalah untuk mendonrong bola ke arah yang diinginkan pemain.

Peraturan Dasar Sepak Bola
  Dalam melakukan olah raga sepak bola, diberlakukan beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh semua pihak. Sesuai dengan pengertian sepak bola, beberapa peraturan sepak bola adalah sebagai berikut:

1. Jumlah Pemain Sepak Bola
    Dalam satu tim sepak bola terdapat 11 pemain, dimana masing-masing pemain memiliki posisi yang berbeda, yaitu 1 penjaga gawang, 4 pemain bertahan, 2-5 pemain tengah, dan 1-3 penyerang.
Masing-masing tim memiliki seorang kapten yang bertugas memimpin rekan setimnya sehingga dapat bermain sesuai arahan. Adapun tugas dari masing-masing posisi pemain sepak bola adalah:
Penjaga gawang (keeper); bertugas menjaga gawang agar tidak kemasukan bola.
Pemain bertahan (back); bertugas untuk menghalau lawan agar tidak masuk ke area pertahanan.
Pemain tengah/ gelandang (midfielder); sering disebut juga dengan playmaker yang bertugas mengatur permainan timnya serta membantu back dan striker.
Pemain sayap (winger); pemain yang bertugas mengendalikan permainan di area kiri atau kanan lapangan.

Penyerang (striker); pemain yang bertugas untuk memasukkan bola (goal) ke gawang lawan.

2. Ukuran Lapangan Sepak Bola
  Permainan sepak bola dilakukan di sebuah lapangan berumput. Pada bagian sisi lapangan terdapat garis pembatas antara bagian dalam dan luar lapangan. Berikut standar lapangan sepak bola untuk orang dewasa;
Panjang 100 – 120 meter
Lebar 65 – 75 meter
Lebar gawang 7,32 meter
Tinggi gawang 2,44 meter
Di sekitar gawang terdapat area kotak pinalti, yaitu area dimana keeper boleh menangkap bola dengan tangannya dan merupakan area tendangan pinalti bila pemain bertahan melakukan pelanggaran terhadap lawan.

3. Durasi Permainan Sepak Bola
    Menurut aturan sepak bola internasional, durasi permainan sebuah pertandingan sepak bola adalah 2 x 45 menit (2 babak). Namun, wasit yang memimpin pertandingan dapat memberikan tambahan waktu sesuai dengan kebutuhan, yaitu sekitar 1-5 menit untuk setiap babak.

Untuk pertandingan tertentu, misalnya dengan sistem gugur, bila selama dua babak pertandingan kedua timb masih imbang maka akan diberlakukan tambahan waktu 2×15 menit. Jika dalam perpanjangan waktu tersebut masih tetap imbang maka akan dilakukan adu pinalti hingga salah satu tim menang.

Sepak Bola : Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan Permainan Sepak Bola : Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan Permainan Reviewed by Leo Cr on 16.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.